Welcome To Indonesian Stock Exchange Control

This web site is dedicated for controlling Indonesian Stock Exchange or IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan). Using the control making easy to watch, predict, analyze, and control about product that using IHSG as source. The control is : graphical world index, oil prices, gold prices and other commodities national or international.

Rabu, 24 September 2008

Bailout AS Hanya Efektif di Jangka Pendek


Rencana penyelamatan sektor keuangan di AS (bailout) yang akan dilakukan oleh pemerintah AS dengan menyediakan dana sebesar US$ 700 miliar kepada sektor keuangan hanya efektif dalam jangka pendek saja.

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan/Menko Perekonomian Sri Mulyani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (24/9/2008).

Menurut Sri Mulyani tujuan dari rencana penyelamatan sektor keuangan di AS ini adalah untuk mengembalikan kepercayaan pasar dan menghilangkan kepanikan yang terjadi.

"Kalau seluruh dunia, nanti masih akan melihat dan memperhatikan perkembangan yang terjadi di sana. Jadi detail dari bailout ini kan akan di work out, sedang dibahas antara US treasury, Federal Reserves, dan Kongres AS. Kalau tujuannya mereka ingin mengembalikan confidence dan menghilangkan kepanikan jadi dalam jangka pendek itu akan lebih bagus, dalam artian supaya tidak terjadi sentimen yang volatile," tuturnya.

Menurut Sri Mulyani yang diwaspadai adalah justru dampak dari bailout dalam jangka menengah dan panjang. Dengan bailout itu pemerintah AS akan makin banyak menerbitkan utang sehingga harga obligasi AS akan menurun.

"Karena eksposure utangnya Amerika akan tinggi sehingga pasti harga treasury bonds akan turun, berarti global interest rate akan naik," ujarnya.

Sementara itu mengenai tingginya yield (imbal hasil) dari SUN (Surat Utang Negara) pemerintah di pasar yang tinggi akibat kondisi ekonomi global yang labil, Sri Mulyani mengatakan pemerintah dengan situasi ini akan melihat terus menerus kondisi pasar untuk penerbitan obligasi negara berikutnya.

"Pokoknya target atau suasana penyerapan APBN akan kita monitor dengan sangat detail. Kalau untuk 2009 kan belum diputuskan," imbuhnya.

dari : detik.finance